Manfaat Buat Zuriat untuk Kesehatan dan Kesuburan

Doum fruit atau doum palm yang memiliki nama latin Hyphaene thebaica lebih dikenal dengan nama buah zuriat ini ternyata memiliki beragam khasiat untuk kesehatan maupun kesuburan. Tanaman ini masuk dalam kategori pohon palem yang sering tumbuh di negara-negara bagian utara Afrika dan Arab. Meski demikian, Anda bisa menemukan buah ini karena sudah diperjualbelikan di Indonesia.

Buah zuriat kaya akan serat dan karbohidrat yang baik untuk tubuh. Selain itu, buah ini juga memiliki kandungan mineral dan vitamin di dalamnya, seperti kalium, mangan, kalsium, fosfor, natrium dan vitamin B kompleks. Kandungan ini tentunya baik untuk kesehatan tubuh, tak terkecuali untuk kesuburan juga sehingga cocok untuk program kehamilan.

Selain itu, buah zuriat juga mengandung senyawa flavonoid dan fenol yang tinggi dimana kedua senyawa ini bersifat antibakteri dan antioksidan yang baik untuk mencegah berbagai macam penyakit. Untuk mendapatkan khasiat ini, tentu Anda harus mengetahui cara pengolahan buah zuriat dengan baik dan benar. Untuk itu, simaklah artikel hingga akhir.


Manfaat Buah Zuriat untuk Kesehatan

Sejumlah kandungan berkhasiat dalam buah zuriat baik untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah mengatasi hipertensi yang kemungkinan tidak memunculkan gejala. Dengan sifat antihipertensi yang dimiliki, Anda bisa menjadikan buah zuriat sebagai obat tradisional hipertensi. Bahkan, buah ini juga bisa membantu menurunkan kolesterol jahat dalam darah, kadar trigliserida dan kadar lemak total dalam darah.

Buah zuriat juga bisa menurunkan gula darah dengan aktivitas antidiabetes yang dimilikinya. Tanpa adanya efek samping yang diberikan, buah ini sering digunakan sebagai obat herbal para penderita diabetes. Selain itu, buah zuriat juga membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, seperti stroke dan serangan jantung. Jadi, Anda bisa menjadikannya sebagai obat tradisional yang aman digunakan.

Dengan aktivitas antibakteri yang dimiliki buah zuriat, peradangan dan infeksi juga bisa dicegah, apalagi jika penyebabnya adalah bakteri. Tidak heran jika banyak orang yang menggunakan buah zuriat untuk membersihkan luka agar tidak infeksi. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan buah ini untuk mengatasi konstipasi atau sembelit. Kandungan serat yang tinggi membuat buah zuriat mampu melancarkan BAB.

Fungsi hepatorenal juga bisa meningkat dengan mengonsumsi buah yang satu ini. Jika tidak diatasi, sindrom ini membuat fungsi ginjal menurun karena gangguan fungsi yang yang kronis dan Anda bisa mencegahnya dengan buah zuriat. Belum lagi dengan senyawa antioksidan yang terkandung di dalamnya sehingga buah zuriat mampu menangkal radikal bebas yang bisa menjadi penyebab berbagai masalah kesehatan.


Manfaat Buah Zuriat untuk Kesuburan

Bukan hanya untuk kesehatan, buah zuriat ternyata juga baik untuk meningkatkan kesuburan, terutama bagi Anda yang sedang menjalankan program kehamilan. Pertama, buah zuriat mampu meningkatkan kualitas sperma yang penting dalam keberhasilan program hamil. Dengan kualitas sperma yang meningkat, maka peluang untuk sel telur terbuahi semakin besar.

Selain untuk pria, buah ini juga meningkatkan kesuburan untuk wanita. Dengan kandungan yang ada pada buah zuriat, hormon seksual wanita bisa bertambah. Dalam kondisi yang seperti ini, maka besar kesempatan bagi Anda untuk segera mendapatkan momongan. Jadi, pilihlah buah zuriat sebagai makanan yang sehat dan tepat ketika Anda menjalankan program hamil.

Apabila kehamilan berhasil didapatkan, buah ini juga masih bisa dikonsumsi karena berkhasiat untuk menguatkan rahim. Kekuatan rahim sangat penting untuk menjaga janin hingga hari persalinan. Untuk itu, buah zuriat bisa dijadikan makanan sehat yang juga baik untuk memperkuat rahim selama masa kehamilan maupun saat Anda mempersiapkan kehamilan.


Cara Pengolahan Buah Zariat

Untuk mendapatkan khasiat dari buah zuriat, tentu Anda harus tahu bagaimana cara penggunaan atau pengilahan buah zuriat dengan tepat. Cara yang paling untuk dalam mengonsumsi buah zuriat adalah dimakan secara langsung. Bahkan, Anda bisa mengonsumsinya saat masih mentah karena ketika matang, justru buah ini menjadi sulit dikonsumsi.

Namun, jika Anda ingin mengonsumsinya sebagai bahan campuran, maka Anda bisa menghaluskan buah zuriat terlebih dahulu. Anda bisa menghaluskannya dengan alat keras, seperti palu hingga menjadi serbuk. Serbuk buah zuriat ini bisa Anda gunakan sebagai campuran dalam berbagai minuman atau masakan, seperti teh, susu hingga adonan kue agar rasanya lebih lezat.

Selain itu, Anda juga bisa meminum buah zuriat dengan cara merebusnya. Pertama, potong buah menjadi beberapa bagian kemudian masukkan ke dalam 6 gelas air. Rebus hingga menyisakan 2 gelas air saja. Air ini akan berubah warna menjadi kecokelatan atau seperti teh. Untuk hasil dan khasiat yang lebih maksimal, Anda bisa meminumnya secara rutin pada pagi hari dan malam hari.

Itulah tadi informasi mengenai manfaat buah zuriat untuk kesehatan maupun kesuburan. Anda bisa merasakan khasiat tersebut apabila tahu cara yang tepat untuk mengonsumsinya. Selain itu, pastikan Anda mengonsumsinya secara rutin agar hasil yang diperoleh lebih maksimal. Jadi, Anda bisa segera mendapatkan momongan yang menceriakan hubungan pernikahan.